SUDAH ADA PENDETEKSI PLAGIARISME

dikdik
Selasa, 20 - Juli - 2010, 16:37:40

Perguruan tinggi di Indonesia ketinggalan informasi mengenai penggunaan perangkat lunak (software)pendeteksi plagiarisme. Padahal perangkat lunak itu tidak perlu dibuat lagi dengan biaya yang mahal, melainkan sudah bisa diunduh secara gratis.

Hal itu dikatakan pakar teknologi informasi sekaligus penulis lebih dari empat puluh judul buku mengenai teknologi informasi, Onno Widodo Purbo, saat menjadi pembicara dalam seminar dan lokakarya "Kiat Antisipasi Plagiarisme" yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPT) Wilayah Jawa Barat di Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung, jjln Taman Sari Bandung, Senin (19/7).

Menurut Onno, banyak perguruan tinggi yang belum mengetahui dan mengaplikasikan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme. "Meskipun demikian, perangkat lunak tersebut tersebut tidak sepenuhnya efektif dalam mengatasi plagiarisme. Pasalnya, perangkat lunak tersebut hanya bisa mendeteksi plagiarisme jika data awalnya sudah ada dalam data base," ujarnya menjelaskan.

(Sumber : http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=149215)

Trackback

Trackback URI:http://isisnetwork.lib.itb.ac.id/news/trackback/198